Kamis, 26 April 2012

KONSEP PERMINTAAN,TEORI PERMINTAAN,TEORI PENAWARAN


PENGANTAR EKONOMI MIKRO


POKOK-POKOK BAHASAN

1.      Konsep permintaan
2.      Teori permintaan
3.      Teori penawaran
4.      Analisis equilibrium
5.      Elastisitas
6.      Teori perilaku konsumen
7.      Teori produksi
8.      Teori biaya
9.      Teori revenue
10.  Struktur pasar
a)     Perfect competition
b)     Inperfect competition
Ø  Pasar monopolistic
Ø  Pasar monopoli
Ø  Pasar oligopoly


ILMU EKONOMI
            Adalah ilmu yang mempelajari tentang SDA yang terbatas agar dikelola dengan benar agar bermanfaat.Manusia sebagai pengelola SDA harus pandai mengatur/mengelola SDA yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia.

wants(keinginan) tidak terbatas
needs(kebutuhan)terbatas

KELANGKAAN
            Yaitu kebutuhan yang tak terbatas sedangkan sumber daya yang tersedia sangat terbatas.Yang bisa mengalami kelangkaan yaitu sumber daya ekonomi dan sumber daya bebas.
Yang dimaksud sumber daya ekonomi yaitu untuk mendapatkan barang ini membutuhkan pengorbanan untuk mendapatkannya.contoh:
a)     Udara : jika orang itu sakit dan membutuhkan oksigen maka orang tersebut harus membeli tabung oksigen yang mempunyai nilai ekonomis
b)     Matahari : saat musim salju di daratan yang mengalami musim salju orang-orang akan mencari sinar matahari ke daerah tropis dengan cara berwisata.
Yang dimaksud barang bebas adalah barang yang tidak membutuhkan pengorbananuntuk mendapatkan barang tersebut.Barang bebas bisa menjadi barang ekonomi apabila didapatkan dengan uang.Contoh:
            Air : barang ini dalam kategori barang bebas,amun dikota besar,air sudah menjadi barang ekonomi karena untuk mendapatkannya harus mengeluarkan uang.
Kelangkaan memaksa manusia untuk mengaplikasikan teknik produksi yang paling efisien.Konsep efisien yang dimaksud adalah menggunakan/memanfaatkan sumberdaya yang efisien agar menjadi efektif.

KONSEP-KONSEP DASAR
Ekonomi positif vs ekonomi normative

1.      Ekonomi positif
Berhubungan dengan permasalahan yang terkait dengan sebab,akibat,merujuk pada analisis dan bukti empiris .Lebih menitik beratkan pada analisis ekonomi.
2.      Ekonomi normative
Melibatkan pandangan etis dan norma-norma keadilan ,berkaitan dengan etika dan nilai dari pada fakta permasalahan diselesaikan dengan debat dan keputusan politis bukan hanya berdasarkan analisis ekonomi.

TEORI PERMINTAAN DAN PENAWARAN

a)     Permintaan (demand)
ü  Berbagai jumlah barang yang diminta pada berbagai tingkat harga
ü  Fungsi yang dapat digambarkan sebagai grafis, kurva, atau suatu daftar
ü  Kebutuhan apabila tidak dipenuhi akan timbul konsentrasi negative
ü  Sedangkan keinginan apabila tidak dipenuhi tidak akan timbul konsentrasi negative
PERMINTAAN ADA DUA MACAM
        I.            Permintaan absolute yaitu atas dasar kebutuhan saja belum disertai daya beli.
      II.            Permintaan efektif yaitu sudah didukung oleh daya beli

CONTOH BARANG DALAM EKONOMI

                                I.            Barang inferior yaitu apabila pendapatan (income) naik maka permintaan  (demand) akan turun.
                              II.            Barang superior yaitu apabila pendapatan (income) naik maka permintaan (demand) akan naik juga.
                           III.            Barang komplementer yaitu barang pelengkap/saling melengkapi
                           IV.            Barang subtitusi yaitu barang pengganti

SCHEDULE DAN KURVA PERMINTAAN
v  Schedule permintaan (demand schedule)
Pemintaan dalam bentuk table memperlihatkan berbagai jumlah barang diminta pada setiap tingat harga pada waktu tertentu.
v  Beberapa bentuk kurva permintaan yang memenuhi hikum permintaan





p
















 
market demand
                                                                                                                             individual club





                HUKUM PERMINTAAN
ü  Jumlah barang yang akan dibeli per unit waktu menjadi semakin besar apabila semakin rendah.
ü  Menjelaskan sifat hubungan antara jumlah permintaan.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGRUHI PEMINTAAN
ü  Harga barang yang lain (subtitusi/komplementer)
ü  Pendapatan konsumsi/harga konsumsi
ü  Selera konsumen
ü  Prediksi masa depan akan mempengaruhi permintaan pada saat ini
ü  Pola distribusi pendapatan masyarakat
ü  Ramalan masa datang tentang keadaan barang tersebut

Perubahan permintaan dan perubahan jumlah yang diminta







 
                   





Bentuk kurva permintaan yang menyimpang dari hukum permintaan
                     p        f
                                         g



                                                              h       


                                                              Q





PENAWARAN
Penawaran yaitu jumlah komoditi yang bersedia ditawarkan produsen selama periode waktu tertentu (per unit waktu tertentu)

ü  Non durable goods : barang –barang yang tidak tahan lama
ü  Durable goods : barang –barang yang tahan lama
Hukum Penawaran
            Makin tinggi harga barang,makin tinggi barang yang ditawarkan begitu sebaliknya.

Faktor yang mempengaruhi penawaran. ?
ü  Sadono sukirno
                                I.            Harga barang yang bersangkutan
                              II.            Harga barang lain
                           III.            Biaya produksi
                           IV.            Tujuan perusahaan
                              V.            Tingkat teknologi
ü  Sudiyono
                                I.            Harga input variabel
                              II.            Tingkat tenologi
                           III.            Produktivitas yang dipakai
ü  D.salvatore
                                I.            Teknologi
                              II.            Harga input
                           III.            Iklim/cuaca (untuk produk pertanian)
            Schedule peawaran yaitu daftar jumlah barang yang ditawarkan pada berbagai tingkat harga
            Kurva penawaran yaitu kurva yang menggambarkan hubungan antara harga dan jumlah baarang yang ditawarkan.
            Industry yaitu kelompok/kumpulan yang terdiri dari perusahaan yang bergerak dan menghasilkan produk sejenis.
Perusahaan yaitu satu organisasi yang bergerak pada bidang tertentu
Manufaktur yaitu mengolah bahan baku menjadi barang akhir
            Pertanian yaitu mengolah produk/menghasilkan produk pertanian.

Contoh kuva yang tunduk pada hukum penawaran







 
                    Individual supply

                                   Market supply




                                                                                                                                      
Kurva penawaran yang tidak tunduk dengan hukum penawaran


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar